Tempat Dan Cara Membuat Blog Untuk Pemula - CARO AWAK SURANG

Tempat Dan Cara Membuat Blog Untuk Pemula


Salam buat pembaca yang berbahagia. Sedikit disini kita akan membagikan Cara Membuat Blog Untuk Pemula. Yaa barangkali saja ada yang membutuhkan dan syukur syukur reader nya kesasar ke sini. Maklum dimasa tekhnologi informasi dan globalisasi ini, siapa lagi yang tak kenal blog atau blogger? Jika masih ada yang kurang tahu apa itu blog, baiklah akan kita coba jelas kan dulu.

Blog itu ialah suatu aplikasi web yang disebut web log. Web log atau disingkat menjadi Blog ini ialah menyerupai tempat memuat atau memposting tulisan tulisan berupa karangan yang menyajika informasi dan ilmu pengetahuan untuk perkembangan yang yang terdiri dari berbagai bidang dan kategori.

Sedangkan isi dari blog itu sendiri diurut menurut waktu penerbitan nya dengan urutan terbalik yaitu, postingan terdahulu akan diletakan di bawah atau belakang dan postingan yang baru akan diletakan diurutan atas atau di depan.

Blog atau web log yang merupakan bagian dari situs web atau website ini dapat di akses oleh siapa saja yang menggunakan internet. Untuk pencarian sebuah blog itu harus dengan cara mengetik alamat nya yang berbentuk url pada kotak pencari alamat url website di internet.

Berkat adanya blog ini, salah satu platformnya yang sedang populer sa'at ini yaitu blogger, orang yang suka menulis dan mengarang, tidak lagi susah untuk menyalurkan hobby nya dan cukup dengan membuat sebuah blog saja di blogger dengan peralatan komputer atau leptop. Karena dengan menulis artikel atau karangan di blog, maka itu sekarang apa yang ditulis dan apa yang di bahas topik nya dalam hitungan detik saja sesudah diterbit kan sekarang bisa dibaca oleh beberapa pengguna internet.

Itulah yang dinamakan blog atau web log sudah penulis coba menerangkannya diatas. Dan sekarang kita akan membahas cara mendaftar untuk membuat blog tersebut pada platform yang dimiliki oleh Google yaitu Blogger. Kenapa membuat blog harus di Blogger? Karena blogger ini kepunyaan Google maka tidak lah diragukan lagi untuk menyebar luas kan ke penjuru dunia artikel dan konten yang ada di dalam blogger tersebut. Dan satu lagi yang perlu kita ketahui bahwa Google sekarang ini adalah sebuah perusahaan dengan mesin pencari yang paling unggul di internet.

Untuk cara membuat sebuah blog di Blogger sobat pembaca harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Bagai mana pula cara membuat nya? buka saja Cara Membuat Akun Google untuk lebih jelasnya bagi yang belum tahu cara bikin akun Googlenya.

Jika sobat sudah memiliki akun Google, sekarang kita langsung menuju alamatnya yaitu https://www.blogger.com/ atau buka saja langsung link Blogger nya Setelah terbuka halaman tersebut dengan login menggunakan akun Google dan jangan lupa untuk mempersiapkan judul atau nama untuk blog yang akan kita buat, maka sobat pembaca akan dibawa ke beranda dashboard Blogger tersebut lihat gambar:

Lihat pada gambar dan Klik Blog Baru yang penulis Tandai dengan kotak merah!.  Maka akan terbuka lagi jendela kecil seperti pada gambar dibawah ini.

Masukkan nama atau judul Blog yang akan sobat buat beserta alamat nya di bawah judul.

Jika alamat nya belum cocok, atau sudah ada blogger lain yang menggunakan, cari lah nama yang lain untuk alamat nya, lihat gambar:

Jika sudah dapat nama untuk alamat nya seperti gambar ini, sekarang silahkan dipilih templat yang sesuai untuk blog baru yang sobat buat dengan menklik salah satu dari beberapa template default yang tersedia di bagian bawah nama dan alamat blog tersebut. Nanti sobat bisa mengganti template nya dengan mendownload template yang lebih keren dan baca juga Cara Menerapkan Template Yang Didownload Ke Blog. Setelah template defaultnya dipilih kemudian klik kotak Buat Blog di sebelah paling bawah.

Untuk melihat blog sobat yang sudah jadi itu klik saja kotak putih dengan tulisan Lihat blog yang ada disamping logo Blogger di pojok kiri atas dashboard Blogger.


Sekarang, Blog baru sobat sudah selesai dibuat dan mulai lah untuk menulis artikel pertama sobat dengan mengklik Tanda Pensil atau kotak orange yang ada tulisan  Entri baru  yang ada pada bilah samping kiri paling atas.


___________________________________________________________________________________


Setelah artikel selesai silahkan untuk diterbitkan dengan mengklik  Publikasikan  nya yang ada pada menu bar sebelah kanan dashboard untuk menerbitkan artikel baru tersebut.

Dan jangan lupa membuka setelan yang ada pada bilah samping kiri paling bawah pada dashboard Blogge untuk pengaturan blog yang baru sobat buat itu, seperti menambahkan Deskripsi atau keterangan singkat dari blog sobat yang mana nantinya akan ditampilkan di bawah judul blog di beranda blog sobat. Untuk melihat blog sobat yang sudah jadi itu klik saja kotak

Rasanya Cukuplah sampai disini kita menyajikan Cara Membuat Blog Untuk Pemula semoga dapat membantu dan terima kasih atas perhatian.

Wassalam.
:


SILAHKAN BERBAGI:





Tag : Trik Blogger
5 Komentar untuk "Tempat Dan Cara Membuat Blog Untuk Pemula"

makasih gan untuk sharingnya...
ditunggu artikel berikutnya..

Ok boss.. terima kasih sudah sempat mampir.... tunggu aja kunbal nya ntar.

Penjelasan anda sangat mendetail dan bisa dijadikan referensi lain dalam dunia blogging, terima kasih.
Saya juga membuat artiek komprehensif bagaimana memulai blogging untuk pemula. silahkan berkunjung ke
http://gratisko.blogspot.com/2015/08/cara-membuat-blog-untuk-pemula.html

Terima kasih admin-salam kenal

Sdr Sauri, Barusan kita brkunjung ke blog agan, tapi sayang tidak ketemu tempat lomentarnya..

This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

Pesan Admin tentang tanggung jawab konten:
=================================
Biasakan membaca Persyaratan layanan, Kebijakan Privacy dan Disclaimer yang kami sediakan link nya di atas JUDUL blog ini bagi pengguna desktop sebelum menggunakan Konten yang ada didalam blog ini baik itu kode script/widget atau pun tips2 dan tutorial lainnya.

Tentang Komentar:
Demi perkembangan, Silah kan ditinggalkan komentar, baik itu bentuk kritik atau saran yang berhubungan dengan isi postingan.
Setiap komentar yang sesuai* akan di terbit kan segera.

Tidak dibenarkan meninggalkan link hidup didalam kolam komentar dalam bentuk apapun, karena yang demikian akan di anggap sebagai SPAM.

*) Selalu memakai bahasa yang sopan dan tidak melanggar etika.
Berkomentarlah yang berkaitan dengan tema postingan.
Tidak dibenarkan beriklan.

Back To Top