Kenali ISPA Sebelum Penyakitnya Menimpa - CARO AWAK SURANG

Kenali ISPA Sebelum Penyakitnya Menimpa


Salam buat sobat pembaca blogger. Apa itu penyakit ISPA?. Jika diantara pembaca ada yang belum mengetahui ada baiknya kita Kenali ISPA Sebelum Penyakitnya Menimpa. Itu lah yang akan penulis coba mengemukakan buat pembaca disini walau banyak kurang dari pada lengkapnya, yaa maklumi saja hehe.

ISPA itu apa?:
ISPA ialah singkatan populer dari, Infeksi Saluran Pernapasan Akut. Pada umumnya penyakit ini dibedakan menjadi dua bagian yaitu Comon Cold dan Influenza (flu). Penyakit ini sering nya muncul disa'at musim pancaroba akibat sirkulasi penyebaran virus yang meningkat melalui udara.

Gejala yang timbul:
Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini bermacam macam, mulai dari demam, nyeri tenggorokan, pilek atau hidung mampet, batuk berdahak dan batuk kering serta gatal di tenggorokan, kadang bahkan menimbulkan komplikasi seperti pneumnia atau radang paru paru dengan gejala sesak nafas.
Biasanya influenza dikaitkan dengan gejala yang lebih berat dan lama, diiringi lebih sering menimbulkan komplikasi pneumonia. Terhadap bayi pun sering berujung bronkhiolitis yaitu radang pada saluran pernapasan halus di paru paru mereka yang biasa mengeluarkan ciapan pada naik turun nafasnya. Selain itu bisa pula terjadi laryngitis yaitu peradangan pada daerah laring atau dekat pita suara, yang menimbulkan croup dengan gejala gangguan pada suara yan dikeluarkan. Suhu badan akan menjadi panas dingin dan tubuh terasa lemas dan kurang bergairah.

Apakah ISPA Menular?
Virus yang menyebabkan penyakit ISPA ini dikenal sangat menular. Rata rata penularan bisa melalui droplet atau percikan lendir yang dikeluarkan oleh penderita ISPA. Jadi bagi penderita ISPA sebaiknya membiasakan untuk menutup hidung dan mulut sa'at batuk dan pilek. Begitu juga jika sa'at kita menggendong bayi, maka kita selaku penderita agar menjaga agar si kecil tidak ketularan.

Pertolongan Pertama Pada ISPA:
Sebenarnya ISPA yang terjadi oleh virus sebagian besar akan sembuh dengan sendirinya, yaitu dilawan oleh daya tahan tubuh. Jika terjadi demamnya pada anak anak, bisa dilakukan pertolongan dengan menyeka tubuhnya dengan air hangat atau memandikan dengan air hangat agar sikecil menjadi nyaman. Bila anak atau si bayi mengalami demam yang cukup tinggi, kita bisa memberinya antipiretik atau penurun panas atau demam yang aman seperti parasetamol.

Dan perlu diingat juga agar tidak dianjurkan memberikan aspirin pada anak yang terserang ISPA akibat virus. Karena obat semacam ini dapat merusak fungsi hati atau liver yang akan mengakibatkan timbulnya sindroma Reye yaitu suatu sindroma yang disertai kemunduran fungsi hati. Untuk mengurangi dan menurunkan pengentalan pada lendir disaluran pernapasan usahakan banyak minum air putih.

 Satu lagi yang perlu di perhatikan terhadap anak anak yang terkena ISPA karena virus. Pemberian obat batuk pilek kepada anak dibawah 6 tahun menurut penelitian, tidak memberi manfa'at sama sekali, malahan beresiko menimbulkan efek samping obat tersebut.

Disarankan segera ke dokter.
Walaupun ISPA karena virus sebagian bear kemungkinan akan membaik sendiri pada sampai jangka nya, namun perlu juga mendapat perhatian terhadap terjadinya komplikasi. Kemungkinan terjadinya anak anak sesak bernafas, disertai terlibatnya beberapa otot tambahan, seperti hidung kempis, dada dan perut tertarik, segera bawa ke dokter untuk diperiksa penyebab sesaknya.

Pencegahan,
sebenarnya penyakit ISPA yang menular bisa dicegah. Seperti dengan secara umumnya seperti menjaga daya tahan tubuh, baik orang dewasa mau pun anak anak. Bisa dengan istirahat yang cukup, menghindari begadang pada malam hari, makan makanan bergizi, dan minum yang cukup setiap harinya. Untuk anak anak bisa dengan memberi vaksin influenza, namun ISPA yang disebab kan oleh virus lainnya tidak bisa dicegah oleh vaksin ini. Cara yang lain nya adalah mengajari anak untuk membiasakan mencuci tangan untuk memigurangi kontak dengan virus penyebab ISPA.

Cukup sampai disini lah kita uraikan tentang Apa itu ISPA semoga bermanfa'at buat kita bersama dan terima kasih atas atensi pembaca semua.

Wassalam.

Referensi: Baitul Mal FKAM edisi 692014/1435 H

SILAHKAN BERBAGI:





Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk " Kenali ISPA Sebelum Penyakitnya Menimpa"

Pesan Admin tentang tanggung jawab konten:
=================================
Biasakan membaca Persyaratan layanan, Kebijakan Privacy dan Disclaimer yang kami sediakan link nya di atas JUDUL blog ini bagi pengguna desktop sebelum menggunakan Konten yang ada didalam blog ini baik itu kode script/widget atau pun tips2 dan tutorial lainnya.

Tentang Komentar:
Demi perkembangan, Silah kan ditinggalkan komentar, baik itu bentuk kritik atau saran yang berhubungan dengan isi postingan.
Setiap komentar yang sesuai* akan di terbit kan segera.

Tidak dibenarkan meninggalkan link hidup didalam kolam komentar dalam bentuk apapun, karena yang demikian akan di anggap sebagai SPAM.

*) Selalu memakai bahasa yang sopan dan tidak melanggar etika.
Berkomentarlah yang berkaitan dengan tema postingan.
Tidak dibenarkan beriklan.

Back To Top