Cerita Urang Awak Tentang Binatang Kuskus - CARO AWAK SURANG

Cerita Urang Awak Tentang Binatang Kuskus

                                      
Assalamu'alaikum Wr Wb. Jumpa kita kali ini hanya menyajikan Cerita Urang Awak Tentang Binatang Kuskus yang mana kabar ini penulis peroleh dari cerita orang orang tua terdahulu semasa penulis masih kanak kanak, sama hal nya dengan cerita kita terdahulu yang masih dalam kategori yang sama yaitu, Khabar Cinaku yang menceritakan harimau jadi jadian. Namun disini penulis akan menceritakan binatang yang mempunyai kentut yang berbau tajam sebagai senjata ampuh nya untuk berlindung dari serangan predator nya yaitu Kuskus, dan ada pula yang menamakan binatang sejenia ini dengan sigung.
    
    Kuskus atau Kukuih.
Adapun binatang yang mampu mengeluarkan gas berbau super dan menusuk hidung ini adalah tergolong kepada suku musang, dan orang dikampung penulis yaitu di Sumatera Barat menamakan nya Kukuih. Kuskus atau Kukuih ini jika diganggu akan mengeluarkan bau yang melebihi apek nya dari pada bau bangkai. Jika kentut atau gas yang berbau apek tersebut mengenai mata predatornya maka akan menyebab kan predatornya buta untuk sementara. Dan begitu juga jika mengenai kulit kita katanya seminggu baru hilang baunya dari tubuh kita. Dan jika terkena pakaian seperti baju atau celana, maka tidak bisa dipakai lagi karena bau tersebut. Itu menurut cerita orang yang pernah menemukan, pernah pada suatu kali binatan kuskus tersebut sempat buang gas di kebun karet, maka seminggu lamanya pohon karet yang terkena gas kuskus tersebu tidak bisa disadap. Begitu tajam nya efek bau kentut yang dikeluarkan binatang tersebut. 

   Rantau Takiak dan rantau Arik.
Dulu semasa kampung dan nagari belum maju di Sumatera Barat orang orang disana merantau nya bukan ke kota seperti era moderen ini, tetapi rantau orang dahulu adalah ke daerah bagian Provinsi Riau dan Jambi. Kalau di kampung penulis namanya daerah tersebut, daerah hilir dan nama rantau nya adalah Rantau Takiak atau Rantau Arik. Rantau Takiak berarti merantau nya jadi tukang penyadap karet dan rantau Arik berarti merantaunya jadi tukang gergaji atau mencari dan mengolah kayu untuk perabotan di hutan. Nah mereka yang merantau inilah yang membawa cerita kukuih tersebut pulang ke Ranah Minang atau Sumatera Barat dengan masyarakat nya akrab disebut Urang Awak.

   Cerita Kuskus.
Cerita Kuskus atau Carito Kukuih ini entah iya entah tidak dan tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya tapi memang begitu adanya yang penulis dengar. Kabar nya Binatang kuskus atau kukuih ini jika kelihatan melintas didepan kita dan terus kita menyebut namanya "Kukuih!" atau "Kuskus!" maka binatang tersebut akan beraksi didepan kita dengan senjata mautnya alias buang gas dan bersiap siap saja kita untuk menyandang bau yang apek sebagai cendramata untuk dibawa pulang, hehe. Tetapi jika kita tidak suka dengan hadiah dari kuskus lebih baik tutup mulut dan biarkan kuskus nya lewat. Atau jika ingi menyapa bilang saja "Haii.. Urang Mudo Lalu" (Haii.. Orang muda lewat) dan kuskus nya pun berlalu tanpa buang gas. Kemudian menurut cerita perantau Takiak dan perantau Arik tersebut, jika kita terkena gas atau kentut kukuih atau kuskus itu hanya satu obatnya yaitu melumasi kulit yang terkena gas tersebut dengan taik ayam atau tahi ayam yang masih hangat atau baru lahir dari duburnya ayam. Dengan begitu baru bau nya bisa hilang dengan cepat. Hehe parah juga nih obatnya bukan? hehe. 

Nah itulah ceritanya yang penulis terima dari orang orang tua dahulu tentang kuskus atau kukuih itu, entah iya entah tidak lah. Jadi keputusannya pulang kan saja kepada pembaca, boleh percaya, tidak percaya pun juga tidak mengapa. Ya namanya ini cerita, dan ambil saja sisi positifnya.

Demikian lah Cerita Urang Awak Tentang Binatang Kuskus yang penulis sajikan pada pertemuan kali ini dan terima kasih atas perhatian pembaca semua.

   Wassalam.
   

SILAHKAN BERBAGI:





2 Komentar untuk "Cerita Urang Awak Tentang Binatang Kuskus"

Yo..sanak..baru ambo mandanga carito ko..mantab
Salam Sukses selalu

Nantikan juo lah carito yang lain nyo sanak, mudah2an capek wak posting...

Pesan Admin tentang tanggung jawab konten:
=================================
Biasakan membaca Persyaratan layanan, Kebijakan Privacy dan Disclaimer yang kami sediakan link nya di atas JUDUL blog ini bagi pengguna desktop sebelum menggunakan Konten yang ada didalam blog ini baik itu kode script/widget atau pun tips2 dan tutorial lainnya.

Tentang Komentar:
Demi perkembangan, Silah kan ditinggalkan komentar, baik itu bentuk kritik atau saran yang berhubungan dengan isi postingan.
Setiap komentar yang sesuai* akan di terbit kan segera.

Tidak dibenarkan meninggalkan link hidup didalam kolam komentar dalam bentuk apapun, karena yang demikian akan di anggap sebagai SPAM.

*) Selalu memakai bahasa yang sopan dan tidak melanggar etika.
Berkomentarlah yang berkaitan dengan tema postingan.
Tidak dibenarkan beriklan.

Back To Top