Memelihara Blog Agar Tetap Steril - CARO AWAK SURANG

Memelihara Blog Agar Tetap Steril


Salam buat sobat pembaca blogger semua. Menjaga dan Memelihara Blog Agar Tetap Steril adalah suatu hal penting yang perlu kita lakukan terutama blog yang baru mendapat kan peringkat di mata Search Engine, dan baru mencicipi rangking yang sedang menajak baik itu Google Pagerank atau pun Alexa. Jika kita sudah paham betul tentang Seo dan cara memposting artikel yang original, maka masalah Seo pasti lah sobat pembaca paham untuk meraih trafik yang bagus, begitu juga dengan peringkat terbaik di mata Google Pagerank dan Alexa.

Namun ada satu hal kecil yang hampir kita lupa memperhatikan karena banyak di beberapa blog nya para blogger yang sudah mendapatkan peringkat dan trafik yang bagus tapi tidak mempedulikan yang satu ini, yaitu membiarkan link aktif pada komentar blog nya. Pada hal ini sangat berdampak  sekali pada penurunan trafik ranking Google dan Alexa. Dan jika hal ini kita biarkan berlarut larut maka dapat memicu para spamer mencemari blog kita. Mereka seenaknya menaruh link aktif yang megarahkan pengunjung yang lain ke blog atau situs miliknya dengan tujuan menambah backlink. Apa lagi mereka hanya meninggal kan komentar sampah saja sebagai basa basi seperti, "Mantap gan" atau "pertamax" tanpa mengapresiasi apa yang kita tulis di alam artikel kita tersebut lalu mereka meninggalkan link aktif. Dan komentar seperti ini tidak perlu kita biarkan di blog kita. Karena komentar yang tidak relevan dan tidak ada sangkut pautnya dengan artikel begini yang tidak disukai oleh Search Engine, karena menganggap kita memelihara spam dan kurang peduli dengan kesehatan situs. Maka dengan sendirinya blog kita akan merosot dan trafik yang bagus tadi akan down. Jika sudah begini, suah lagi untuk bangkit. Untuk itu sebelum terjadi hal yang demikian lebih baik kita membersihkan dan menghapus semua komentar yang tidak relevan dan mengandung link aktif itu dari blog kita.

Lalu bagaimana mencegah komentar yang tidak relevan dan hanya meninggalkan link aktif? Untk mencegah komentar sampah tersebut ada dua cara yaitu dengan cara manual dan meletakkan kode script pada template blog kita. Tetapi penulis sendiri hanya melakukan dengan cara manual nya yaitu mengaktifkan moderasi komentar. Caranya yaitu:
                       => Buka dashboard Blogger
                       => Pilih blog
                       => Klik Setelan pada bilah samping kiri dashboard (letaknya paling bawah)
                       => Pilih Pos dan Komentar pada menu munculan.
                       => Pilih Moderasi Komentar, dan centang bulatan Selalu pada 3 pilihan nya.
 
Dengan mengaktifkan moderasi komentar tersebut, maka setiap komentar tidak akan langsung tampil pada kotak komentar di postingan blog kita karena harus menunggu persetujuan kita untuk ditampilkan. Jadi kita tinggal menilai komentar tersebut, "ini komentar pantas atau tidak untuk ditampilkan?" Jika tidak relevan dengan isi postingan dan mengandung link aktif, kita tinggal mengahapus nya saja.

Kemudian untuk cara yang kedua yaitu cara otomatis dengan menggunakan kode script. Nanti setiap komentar yang mengandung link aktif kode script tersebut akan menggantui link yang mereka sisipkan dalam komentar mereka menjadi sebuah pesan peringatan dan simak caranya dibawah ini. Pertama copy dulu kode script ini:
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
function blockLinks(parentID, children) {
var parent = document.getElementById(parentID),
content = parent.getElementsByTagName(children);
for (var i = 0; i < content.length; i++) {
if (content[i].innerHTML.indexOf('</a>') !== -1) {
content[i].innerHTML = "Ma'af Link Aktif tidak dibenarkan!"; }
}
}
blockLinks('comments', 'p');
//]]>
</script>
Kemudia kita buka dashboard blogger kita.
                   => Dashboard
                  => Pilih blog
                  => Pilih Template pada menu di bilah samping kiri dashboard.
                  => Klik Edit HTML
                  => Cari kode </body> (gunakan Ctrl +F untuk mempercepat pencarian).
Jika sudah ketemu, pastekan kode yang sobat copy tadi tepat di atas kode </body> nya. Sobat pembaca juga bisa mengganti pesan Ma'af Link Aktif tidak dibenarkan dengan bunyi pesan menurut keinginan sobat. Kemudian klik Simpan Template.

Cukup lah sampai disini kita sajikan cara Memelihara Blog Agar Tetap Steril dan semoga bermanfaat. Terima kasih atas perhatian dan mohon ma'af atas kekurangan.

   Wassalam.
   

SILAHKAN BERBAGI:





Tag : Trik Blogger
0 Komentar untuk "Memelihara Blog Agar Tetap Steril "

Pesan Admin tentang tanggung jawab konten:
=================================
Biasakan membaca Persyaratan layanan, Kebijakan Privacy dan Disclaimer yang kami sediakan link nya di atas JUDUL blog ini bagi pengguna desktop sebelum menggunakan Konten yang ada didalam blog ini baik itu kode script/widget atau pun tips2 dan tutorial lainnya.

Tentang Komentar:
Demi perkembangan, Silah kan ditinggalkan komentar, baik itu bentuk kritik atau saran yang berhubungan dengan isi postingan.
Setiap komentar yang sesuai* akan di terbit kan segera.

Tidak dibenarkan meninggalkan link hidup didalam kolam komentar dalam bentuk apapun, karena yang demikian akan di anggap sebagai SPAM.

*) Selalu memakai bahasa yang sopan dan tidak melanggar etika.
Berkomentarlah yang berkaitan dengan tema postingan.
Tidak dibenarkan beriklan.

Back To Top