Tips Untuk Pelaris Dagangan - CARO AWAK SURANG

Tips Untuk Pelaris Dagangan



Salam, yang tak lupa kita ucapkan setiap pengnjung datang di blog ini. Lima Rutinitas Pelaris Dagangan itulah yang akan penulis coba sajikan pada postingan di blog Caro Awak kali ini. Yang mana postingan ini telah penulis rangkum di dalam kategori Lingkungan Sekitar. Bagi kita yang punya profesi sebagai pedagang atau berjualan, tentu saja kita tidak asing lagi dan selalu mendambakan dagangan yang laris atau cepat laku dan terjual. Nah untuk mencapai hal yang demikian itu kita perlu memahami cara2 berjualan yang baik dan di anjurkan didalam agama agar pelanggan setia makin bertambah dan pelangggan lama tidak berpaling ke lain hati, he he 

Kemudian didalam berjual beli kita juga diharuskan dan dituntut untuk menjunjung etika dan tata krama serta sopan santun untuk melayani pelanggan kita, itu yang paling utama terus yang harus diperhatikan adalah tampilan atau  kerapian dan kebersihan dan kualitas barang yang akan kita jual. Apa lagi yang kita jual berupa makanan atau minuman karena itu akan jadi penarik hati si pembeli atau pelanggan kita.       
   
Coba kita bayangkan dengan pikiran kita sebagai pembeli, pasti kita menginginkan pelayanan yang maksimal dan barang yang kita beli itu baik tiada cacad kan? Nah begitu juga dengan orang yang belanja di tempat kita. Tidak lah salah kalau si pembeli itu adalah dikatakan raja. Berikut dibawah ini akan kita urai kan lima ritual yang wajib kita lakukan untuk penglarisan dagangan. Tetapi ritual disini bukan lah berupa jampi-jampi pelet atau hal-hal yang berbau mistik yang seperti dilarang oleh agama, hehe..  Melain kan adalah tips atau rutinitas dan tata cara melayani pelanggan dalam berjual beli.
   
Ritual pertama:
Selalu membersih kan dan menata barang dagangan kita sesering mungkin hingga terjaga kerapian nya. Terutama jika kita berjualan ditempat yang banyak debu dan polusi. Ini akan jadi penarik sipembeli yang melirik dagangan kita. Begitu juga bila kita bisa menata tampilan dan susunan yang bervariasi sebulan sekali, misalnya, mengganti posisi dan susunan dagangan agar tidak terlalu membosankan mata pelanggan.
  
Ritual kedua:
Selalu lah bersikap ramah dan lembut menyapa pelanggan dengan senyum dan sabar menghadapi pelanggan yang rewel dan cerewet. Memang namanya berjualan, si pembeli itu beragam tingkah-pola nya. Ada yang baik dan ada juga yang menyebalkan contohnya, menawar dagangan kita terlalu rendah, memprotes barang yang kita jual dan kadang pembeli itu hanya mengacak acak dagangan kita saja terus tak jadi dibeli. Nah yang seperti ini kita dituntut untuk tetap sabar dan rendah hati walaupun dalam hati terasa jengkel.
   
Ritual ketiga:  
Jangan mencari keuntungan atau laba yang berlipat atau mematok harga yang terlalu tinggi. Kita semua pasti memahami hal yang satu ini. Sebab didalam agama kita juga diajarkan bahwa tata cara jual beli dan melarang untuk riba. Banyak sekali dan sudah jadi rahasia umum kenapa menjual sesuatu barang jauh lebih tinggi diatas modalnya? Begini alasannya, barang tersebut lakunya cuman sebulan sekali dan kebanyakan numpuknya di etalase, katanya, benar gak? Memang sih masuk akal juga,tuh alasannya, tapi jangan lah sampai berlipat demikian.

Ritual keempat:
Jangan sesekali mengelabui pembeli. Seperti menyembunyikan kekurangan dagangan kita. Atau menjual barang yang rusak atau kadaluarsa yang akan membuat pelanggan kita kecewa. Kalau pun ada yang demikian tanpa sepengetahuan kita, kemudian sipembeli bilang ke kita kalau barang yang kita jual itu rusak hendaklah kita ganti dengan yang baik tanpa meminta tambah bayaran nya. Makanya setiap sa'at periksa barang dagangan kita barangkali ada yang rusak atau cacat sebelum dijual. Kemudian jika barang yang kita jual itu barang kiloan atau literan, hendak lah persaksi kan takarannya kepada pembeli dan jangan menggunakan takaran yang tidak normal. Karena hal ini akan berakibat buruk dari dunia kita sampai di akhirat kelak.

Ritual kelima:
Kalau ada sipembeli uang nya kurang kemudian meminta untuk ber utang untuk sementara waktu jangan lah kita berat hati untuk memberikannya. Tetapi kalau kondisi kita tidak memungkin kan, maka katakan secara baik2 dan berterus terang agar mereka mengerti dan paham pula kondisi kita
.
Itu lah kelima tips yang kita sebut  ritual yang dapat kita terapkan untuk mencari keberkahan didalam berjual beli dan jangan lupa untuk suka ber sodaqoh dan tetaplah bersyukur tentang apa yang kita peroleh dalam berjual beli. Semoga segala yang kita peroleh di berkat i oleh Allah SWT.
    Cukup sekian lah postingan kita kali ini tentang Tips Untuk Pelaris Dagangan semoga bermanfa'at buat kita semua.

Wassalam...



SILAHKAN BERBAGI:





0 Komentar untuk "Tips Untuk Pelaris Dagangan"

Pesan Admin tentang tanggung jawab konten:
=================================
Biasakan membaca Persyaratan layanan, Kebijakan Privacy dan Disclaimer yang kami sediakan link nya di atas JUDUL blog ini bagi pengguna desktop sebelum menggunakan Konten yang ada didalam blog ini baik itu kode script/widget atau pun tips2 dan tutorial lainnya.

Tentang Komentar:
Demi perkembangan, Silah kan ditinggalkan komentar, baik itu bentuk kritik atau saran yang berhubungan dengan isi postingan.
Setiap komentar yang sesuai* akan di terbit kan segera.

Tidak dibenarkan meninggalkan link hidup didalam kolam komentar dalam bentuk apapun, karena yang demikian akan di anggap sebagai SPAM.

*) Selalu memakai bahasa yang sopan dan tidak melanggar etika.
Berkomentarlah yang berkaitan dengan tema postingan.
Tidak dibenarkan beriklan.

Back To Top