Beberapa Mitos Urang Awak - CARO AWAK SURANG

Beberapa Mitos Urang Awak



Salam, Perjumpaan kita disini akan membahas Beberapa Mitos Urang Awak yang penulis peroleh dari cerita orang tua-tua dahulu dikampung penulis yaitu di Sumatera Barat. Sebenarnya negara Indonesia yang kita cintai ini sungguh kaya dengan mitos-mitos, mulai dari yang masuk akal sampai pada mitos yang jauh dari jangkauan akal.

Ada pun mitos-mitos tersebut, memang ada juga benarnya dan ada sebuah petuah atau nasehat yang terkandung didalam mitos-mitos tersebut jika kita analisa dengan teliti. Namun pada era modern dan kemajuan tekhnologi sa'at ini rata rata mitos-mitos kuno tersebut banyak yang tidak dihiraukan tanpa menilik artian yang terkandung didalam mitos-mitos lama tersebut.

Sebaiknya tunggu dulu dan pikir dulu sebelum kita memvonis sebuah mitos kuno itu tidak masuk akal. Salah satu contohnya mitos kuno yang penulis terima dari para leluhur dahulu yang bisa pembaca buktikan kebenarannya;
Pada sa'at mata sobat pembaca bagian kiri terkena cipratan air cabe atau kuah gulai misalnya, untuk mengobatinya coba sobat cuci jempol kaki kanan dengan mengucapkan Basmallah! Dalam 1 menit Inshaa Allah sembuh, "Buktikan saja sendiri kalau tidak percaya"
Dari satu contoh mitos kuno diatas, apa salahnya mata itu sendiri yang di cuci? Tetapi disitu lah letak rahasia dan kesaktian mitos tersebut.

Dibawah ini kita uraikan satu persatu mitos-mitos kuno yang selalu dipegang sampai sekarang oleh sebagian orang orang dikampung penulis diantaranya:

1. Pada sa'at buah padi mau terbit atau lahir di sawah, itu disekitar area sawah tersebut tidak boleh menggunakan peralatan dari besi, walaupun untuk bersih bersih sekeliling sawah tersebut seperti, pacul, parang ataupun arit atau sabit, apalagi sa'at matahari terik.
Alasannya:
Konon katanya padi tersebut akan kaget oleh kilatan cahaya pantulan dari besi tersebut.
Menurut pembaca bagaimana?

2. Jika ada seorang ibu yang mau melahirkan, seseorang yang datang menengok ataupun tetangga ataupun anggota keluarga dirumah tersebut tidak boleh duduk di pintu dalam rumah tersebut.
Alasannya:
Konon katanya calon bayi yang akan lahir tersebut merasa terhalang untuk keluar atau lahir dari rahim sang ibunya.
Menurut pembaca bagaimana?

3. Orang tua dikampung penulis melarang anak anak tidur ditengah padang rumput.
Alasannya:
Konon katanya kita di langkahi elang yang terbang.
Menurut pembaca?.. Kalau menurut penulis sendiri ini adalah nasehat yang tidak jujur. Yang jelas agar kita atau anak anak yang tidur di tengah padang rumput tidak gatal gatal karena miang rumput.

4. Tidak boleh menyapu diwaktu Magrib.
Alasannya:
Nanti rejeki nya ikut tersapu. Ha??
Menurut pembaca?.. Kalau menurut penulis memang tidak baik melakukan aktivitas apapun di waktu Magrib selain menunaikan Sholat Magrib.

5.Tidak boleh memotong kuku pada malam hari.
Alasannya:
Nanti rejekinya atau umurnya ikut terpotong. Haa??
Menurut pembaca?.. Kalau menurut penulis ini adalah pekerjaan beresiko luka kena pisau jarinya entar. Padahal di siang hari ada waktunya memotong dan membersihkan kuku.

6. Tidak boleh memanjangkan kuku.
Alasannya:
Nanti Syetan berteduh dibawah kuku tersebut. "sungguh Keterlaluan saja nih mitos"
Yang satu ini sama tahu lah kita yang sebenarnya.

7. Dikampung penulis tidak boleh mengambil air dari sumur dengan periuk tempat memasak, Apalagi di tengah hutan.
Alasannya:
Nanti harimau marah.
Menurut pembaca,?.. Kalau bagi penulis ini adalah kebiasaan yang tidak baik karena nanti air sumurnya kotor karena arang periuknya.

8. Tidak boleh mengeruk nasi dengan tangan dari periuk atau pun cambung nasi tanpa menggunakan sendok.
Alasannya:
Nanti kita diseruduk oleh babi hutan atau nanti pematang sawah nya diacak acak oleh babi hutan.
Menurut pembaca?.. Kalau bagi penulis ini juga kebiiasaan buruk yang tidak boleh dilakukan, apasalah nya mengambil nasi pakai sendok.

Itu lah contoh beberapa mitos dari kampung penulis yang penulis paparkan disini dan sebenarnya masih banyak lagi yang lainnya. Namun dari 8 mitos diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa sebagian besar dari mitos-mitos tersebut adalah Nasehat yang dirahasiakan. Entah kenapa dibuat buat demikian, yaa mungkin saja biar enak kedengarannya.

Demikianlah Beberapa Mitos Urang Awak yang dapat penulis sajikan disini dan terima kasih atas perhatian pembaca semua.

Wassalam.

SILAHKAN BERBAGI:





0 Komentar untuk "Beberapa Mitos Urang Awak"

Pesan Admin tentang tanggung jawab konten:
=================================
Biasakan membaca Persyaratan layanan, Kebijakan Privacy dan Disclaimer yang kami sediakan link nya di atas JUDUL blog ini bagi pengguna desktop sebelum menggunakan Konten yang ada didalam blog ini baik itu kode script/widget atau pun tips2 dan tutorial lainnya.

Tentang Komentar:
Demi perkembangan, Silah kan ditinggalkan komentar, baik itu bentuk kritik atau saran yang berhubungan dengan isi postingan.
Setiap komentar yang sesuai* akan di terbit kan segera.

Tidak dibenarkan meninggalkan link hidup didalam kolam komentar dalam bentuk apapun, karena yang demikian akan di anggap sebagai SPAM.

*) Selalu memakai bahasa yang sopan dan tidak melanggar etika.
Berkomentarlah yang berkaitan dengan tema postingan.
Tidak dibenarkan beriklan.

Back To Top