Cerita Rambun Pamenan Bagian III - CARO AWAK SURANG

Cerita Rambun Pamenan Bagian III

Salam, Kembali kita melanjutkan cerita Rambun Pamenan hingga kini sampai lah kita pada Cerita Rambun Pamenan Bagian III sebagai lanjutan dari Cerita Rambun Pamenan II yang sedang terbengkalai di Rimbo Rayo sewaktu Rambun Pamenan pergi memikat burung balam atau tekukur.

Setelah Rambun Pamenan berangkat dipagi hari Minggu ke Rimbo Rayo hingga sampailah dia di Rimbo Rayo sekitar jam 10 pagi mencari-cari dan menuju sasarnnya tempat memikat burung tekukur atau burung balam tersebut.

Tatkala matahari sedang tepat di ubun-ubun tengah hari disiang bolong Rambun Pamenan merasa cape dan segera mencari tempat peristirahatan sambil sekalian makan siang karena sudah merasa lapar. Setelah perut terisi maka sekarang rasa kantuknya pun datang menggulung. Maklum ditempat dia melepas lelah itu terasa sejuk karena ditumbuhi hutan lindung dengan menaglir sebuah anak sungai yang gemercikan menerjuni bebatuan. Dan Rambun Pamenan pun tertidur ditempat itu dengan beralaskan dedaunan.

Antara tidur dan terjaga Rambun Pamenan pun bermimpi seakan  melihat sesorang wanita yang pernah melahirkannya tengah di sekap dalam krangkeng ata keranda besi. Terus wanita itu memanggil-manggil Rambun Pamenan dn meminta tolong sambil merintih. Seketika Rambun Pamenan mau melompat, tiba-tiba sontak dia terbangun dari mimpinya. Astaghfirullah.. ucapnya dalam hati, dan dia pun segera bangkit dari tempat istirahatnya untuk mencuci muka ke anak sungai di depannya.

Tidak jauh dari tempatnya beristirahat kedengaran suara burung elang sedang riangnya. Setelah terbang berputar-putar di udara tepat diatas Rambun Pamenan, kemudian burung elang itu pun menukik menghampiri Rambun Pamenan. Tentu saja Rambun Pamenan merasa kaget dalam hati "Ada apa kah gerangan?" gumamnya sendiri. Kemudian burung elang itu pun berbicara kepada Rambun Pamenan memperkenalkan dirinya yang bernama Si Alang Bangkeh. Lalu Si Alang Bangkeh menjatuhkan sepucuk surat didepan Rambun Pamenan dan kemudia terbang lagi sambil memhon pamit kepada Rambun Pamenan.



Sejenak Rambun Pamenan terdiam ditengah hutan mengamati isi surat tersebut. Lalu segera dia bergegas pulang untuk menyampaikan kejadian barusan dan memperlihatkan surat yang dititipkan Si Alang Bangkeh kepada kakaknya Puti Sirenopinang.

Sesampai di rumah, langsung Rambun Pamenan memberikan surat tersebut kepada Puti Sirenopinang sambil berkata, "Dengarlah, wahai kakak yang dinda cintai. pada ketika dinda terlelap tidur ditengah hutan Rimbo Rayo, dinda bermimpi seakan melihat bunda yang kita cintai di sekap dalam keranda besi dengan dijaga oleh ular naga. Sewaktu dinda mau melompat untuk menolong nya tiba tiba dinda terbangun dari mimpi. Hingga datang lah seekor burung elang yang bernama Si Alang bangkeh menitipkan surat ini kepada dinda," ujar Rambun Pamenan kepada kakaknya Puti Sirenopinang.

Lalu Puti Sirenopinang pun membuka surat dan membacanya,"
                                                                                 Camin Taruih, Minggu 22 Sept 1738.
                                                                                                             Kepada: kedua anak                                                                                                                     bunda
                                                                                                               yang bunda                                                                                                                               sayangi,

Di Camin Taruih bunda di hukum oleh Rajo Angek Garang yang terkenal sadis dan kejam nak, Sekarang bunda lagi di penjara dalam keranda besi karena menolak pinangan nya Rajo Angek Garang. Andai nanti Si Rambun Pamenan sudah besar, Jemput dan bebaskan lah bunda ke Camin Taruih.
Salam untuk kedua anak bunda yang buah hati bunda yang tercinta.

                                                                                                        Puti Silinduang Bulan.

Begitu pesan yang dibaca Puti Sirenopinang dan Rambun Pamenan pun terdiam mendengar isi surat tersebut.

Selang beberapa hari kemudian rasa rindu ingin bertemu dengan sang bunda pun semakin tidak terbendung oleh Rambun Pamenan. Seraya pun berkata kepada kakaknya Puti Sirenopinang, "Kak, terasa begitu panjang hari-hari yang dinda lewati untuk menunggu badan ini besar kak. Sekarang dan sa'at ini juga dinda akan berangkat menuju Ranah Camin Taruih untuk membebaskan bunda kita yang kita rindukan kak, Ijin kan lah dinda berangkat besok pagi-pagi,"

Lalu Puti Sirenopinang pun menjawab, "Ketahuilah oleh dinda yang kakak sayangi, Camin Taruih bukan lah tempat yang dekat dari sini, Belum sa'at nya dinda berangkat sekarang ini, Perjalanan ke Ranah Camin Taruih tidak sebanding dengan umur dinda yang masih kecil, Belum lagi jalan kesana banyak tantangannya, maklum lah jalan ke Ranah Camin Taruih melalui hutan belantara, naik bukit turun lembah dan untuk orang dewasa saja butuh waktu seminggu lebih," timpal Puti Sirenopinang menjelaskan.

Namun Rambun Pamenan mencoba untuk tetap bersikukuh dan sudah ber tekad penuh dalam hati nya untuk berangkat ke Ranah Camin Taruih, dan berkata kepada kakaknya Puti Sirenopinang, "Percayalah wahai kakak yang dinda cinta, Dinda akan baik-baik saja dan terus akan selalu berhati-hati, Dinda hanya memohon kepada kakak, Do'a kan lah dinda semoga cept kembali dan berhasil membawa bunda yang kita cintai pulang dan berkumpul lagi bersama kita."

Lalu Puti Sirenopinang pun berpikir sejenak dan rasa bimbang terus mengusik dalam hatinya, bimbang dan ragu akan keselamat adiknya yang masih bocah harus menjalani terjalnya perjalanan ke Ranah Camin Taruih yang melalui hutan belantara Bukit Sebelah.

Pagi-pagi Rambun Pamenan dan Puti Sirenopinang pun berpamitan dan saling bertangisan. Tidak tega rasanya melepas sang adik yang belum cukup umur untuk menempuh perjalanan jauh yang panuh rintangan...

                                                                                                             (Bersambung...)
                                                                                                         


SILAHKAN BERBAGI:





0 Komentar untuk "Cerita Rambun Pamenan Bagian III"

Pesan Admin tentang tanggung jawab konten:
=================================
Biasakan membaca Persyaratan layanan, Kebijakan Privacy dan Disclaimer yang kami sediakan link nya di atas JUDUL blog ini bagi pengguna desktop sebelum menggunakan Konten yang ada didalam blog ini baik itu kode script/widget atau pun tips2 dan tutorial lainnya.

Tentang Komentar:
Demi perkembangan, Silah kan ditinggalkan komentar, baik itu bentuk kritik atau saran yang berhubungan dengan isi postingan.
Setiap komentar yang sesuai* akan di terbit kan segera.

Tidak dibenarkan meninggalkan link hidup didalam kolam komentar dalam bentuk apapun, karena yang demikian akan di anggap sebagai SPAM.

*) Selalu memakai bahasa yang sopan dan tidak melanggar etika.
Berkomentarlah yang berkaitan dengan tema postingan.
Tidak dibenarkan beriklan.

Back To Top