Sholat Menjauhkan Kita Dari Kesempitan Hidup - CARO AWAK SURANG

Sholat Menjauhkan Kita Dari Kesempitan Hidup

                                                

    Assalamulalaikum Warrahmatullahi Wabarakatuu. Salam buat pembaca yang berbahagia. Sholat Menjauhkan Kita Dari Kesempitan Hidup itulah judul postingan kita kali ini di blog Caro Awak Surang ini. Tetapi sebelum nya seperti biasa kita selalu berdo'a semoga pembaca disini selalu diberi kesehatan sepanjang waktu Amin.
 
   Seperti kita ketahui Sholat itu ialah tiang agama yaitu agama kita agama Islam. Dan barang siapa yang mendirikan sholat berarti dia telah membangun dan mendirikan agama Allah. Dan barang siapa yang meninggalkan sholat, berarti dia telah meruntuhkan agama Allah didalam Kehidupannya. Didalam Al Qur'an Allah berfirman :
                                                                                       وَأَقِيمُوا الصَّلاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ
 Artinya: “Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.” (QS.al Baqarah(2) : 43)

 Bagaimana itu mendirikan sholat? Mendirikan sholat ialah mengerjakan sholat sekaligus menerapkan apa yang terkandung didalam ritual sholat tersebut kedalam kehidupan kita sehari hari. Misalnya melaksanakan sholat selalu di awal waktu, ini secara logika mengajarkan kita menghargai setiap waktu dan membentuk hidup kita jadi disiplin. Kemudian selalu berikap tenang dan sabar disetiap cobaan karena kita selalu ingat kepada Allah yaitu lima kali sehari kita selalu memenuhi panggilan Nya. Ingat lah kita, bahwa segala sesuatu itu datang nya dari Allah baik itu ujian dan cobaan ataupun nikmat dan rejeki yang kita peroleh. Dengan tidak meninggal kan sholat dalam keadaan apapun, niscaya kita bisa menghadapi dan mengatasi setiap masalah dalam kehidupan kita sehari hari.

    Kadang kita berpikir "Saya sudah cape berusaha, selalu mengerjakan sholat tetapi hidup saya kok susah terus? Sedangkan orang kaya dengan harta berlimpah dan sedikit pun tak ingat sholat kok hartanya makin bertambah dan kebutuhan nya selalu terpenuhi?" ini namanya kita tidak mengamal kan sholat didalam kehidupan kita dan mungkin kita cuman mengerjakan sholat saja. Kita  harus menyadari bahwa sholat memang tidak mendatangkan kekayaan secara lahiriyah, tetapi sholat akan memberikan ketenangan dalam hidup kita agar kita tetap sabar dan tawakal kepada Allah. Orang kaya karena kekayaan nya belum tentu tentram hatinya. Misalkan punya mobil dua atau tiga bahkan lebih tetapi dokter malah menyuruh agar melakukan jalan kaki dua kilometer sehari, kalau makan, makanan apa yang gak kebeli sama orang kaya? wong duit nya banyak tapi pak dokter malah melarang mengkosumsi makanan yang enak enak, jangan kan yang enak garam saja kadang dilarang. Lah gimana kita menikmati kekayaan? itu nama nya cuman lahir nya saj yang kaya. Kalo jiwa nya mungkin lebih miskin dari pada kita yang susah tetapi masih bisa menikmati makanan apa adanya. Itulah sedikit gambaran jika kita tidak mensyukuri nikmat yang Allah berikan.

   Kemudian sholat akan menjauh kan kita dari perbuatan mungkar dan keji . Berikut firman Allah yang ber bunyi:
                                                                                                                                                               وَأَقِمِ الصَّلاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ذَلِكَ ذِكْرَى لِلذَّاكِرِين
 Artinya: “Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.” (QS.Hud(11):114)

. Kita tahu sholat itu pondasi dari agama kita dan agama pun mendidik kita agar kita selalu berbuat kebajikan dan meninggalkan segala perbuatan buruk dan di larang oleh Allah SWT. Dengan sholat dan memahami ajaran di setiap bacaan nya Inshaa Allah kita terhindar dari perbuatan keji dan mungkar. Sholat melatih kita agar tetap sabar dan selalu tawakal, Inshaa Allah hidup kita akan terasa lapang dan lega dan sholat akan meredam hawa dan nafsu duniawi serta kita tidak akan menemui kesempitan hidup jika kita benar benar menghayati arti dari mendirikan sholat itu.
              إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَأَقَامُوا الصَّلاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلا هُمْ يَحْزَنُونَ
Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal soleh, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS.al Baqarah(2):277)

   Sekarang bisa kita rasakan perbedaan waktu kita meninggalkan sholat dengan selalu melaksanakan sholat. Jika kita merasa gelisah bila meninggal kan satu waktu sholat saja berarti sholat itu sudah merasa kita butuh kan di setiap waktu. Dan yang demikian, berarti kita dengan sholat sudah merasa hidup kita  tentram.

   Rasanya cukup sampai disini pembicaraan kita tentang Sholat Menjauhkan Kita Dari Kesempitan Hidup kali ini semoga keberkahan selalu kita temui dan terima kasih atas atensi pembaca.               

SILAHKAN BERBAGI:





Tag : Religi
0 Komentar untuk "Sholat Menjauhkan Kita Dari Kesempitan Hidup"

Pesan Admin tentang tanggung jawab konten:
=================================
Biasakan membaca Persyaratan layanan, Kebijakan Privacy dan Disclaimer yang kami sediakan link nya di atas JUDUL blog ini bagi pengguna desktop sebelum menggunakan Konten yang ada didalam blog ini baik itu kode script/widget atau pun tips2 dan tutorial lainnya.

Tentang Komentar:
Demi perkembangan, Silah kan ditinggalkan komentar, baik itu bentuk kritik atau saran yang berhubungan dengan isi postingan.
Setiap komentar yang sesuai* akan di terbit kan segera.

Tidak dibenarkan meninggalkan link hidup didalam kolam komentar dalam bentuk apapun, karena yang demikian akan di anggap sebagai SPAM.

*) Selalu memakai bahasa yang sopan dan tidak melanggar etika.
Berkomentarlah yang berkaitan dengan tema postingan.
Tidak dibenarkan beriklan.

Back To Top