Cara Menyisipkan Photo Google Street View Ke Laman Blog - CARO AWAK SURANG

Cara Menyisipkan Photo Google Street View Ke Laman Blog

Salam bahagia selalu buat pembaca yang budiman dimana pun sobat berada. Seperti biasa kembali kita menulis postingan yang topiknya seputar Google Map dan Photo Street View yang pada postingan terdahulu kita juga telah membahas nya yaitu, Cara Menampilkan Google Map Di Halaman Blog dan bebrapa hari yang lalu kita juga telah menulis artikel dengan judul, Cara Membuat Photo Sphere 360 Derajat Dengan Kamera Digital. Nah sekarang Cara Menyisipkan Photo Google Street View Ke Laman Blog yang mana caranya juga tidak lah terlalu sulit.

Tetapi sebelumnya ada baiknya kita jelaskan sedikit bahwa photo street view atau photo sphere atau photo 360 derajat itu terbagi dua jenis yaitu yang pertama ialah photo street view yang dicapture dan di publikasikan oleh tim Google Maps Street View.



 Dan yang kedua ialah photo street view yang dicapture dan di publikasikan oleh pengguna akun Google yang disebut juga dengan photo street view individu. Photo street view yang dari pengguna individu ini cara mencapture nya pun bermacam-macam ada yang menggunakan kamera ponsel cerdas, ada pula yang menggunakan kamera DSLR yang dipadulan dengan bantuan software, dan ada juga yang menggunakan kamera canggih dan mutakhir yang salah satunya yang terkenal yaitu kamera Ricoh Tetha.
Perbedaan photo street view yang dibuat oleh Google dengan pengguna Google adalah,
1. Jika photo street view yang dibuat oleh tim Google Maps itu lebih akurat dan lebih sempurna baik konstelasi ataupun meta data nya dibanding photo street view yang dibuat oleh pengguna individu.
2. Jika kita mau menampilkan atau menyisipkan photo street view dari tim Google itu bisa langsung pada laman Google Maps kita dapatkan Embed atau kode scriptnya. Sedangkan photo streeet view dari pengguna individu, kita harus mencari situs generator pembuat embed kode script nya. itulah penjelasan kitta sedikit.
3. Kemudian perbedaan photo street view tim Google dengan pengguna individu ialah tampilan photo mini nya pada deretan jendela bawah di laman Google Maps.

Baca juga Cara Mengupload Foto Ke Google Map.



Pada gambar di atas bisa diperhatikan mana photo yang dari tim Google dan mana yang dari pengguna individu.

Kemudian kita kembali ke topik pembicaraan kita yaitu cara mendapatkan kode script photo street view yang dipublikasikan oleh tim Google terlebih dahulu. Caranya cukup kita buka Google Maps kemudian kita klik tanda atau ikon street view nya di bagian bawah sebelah kanan browser. Atau klik salah satu dari deretan photo street view yang ditampilkan pada sisi bawah seperti gambar di atas. Maka browser akan menampilkan photo tersebut dalam modus layar penuh.

Nah sekarang kita bisa menampilkan kode script  dari photo street view yang dari tim Google disini (laman Google Maps) dengan mengklik tanda titik tiga membujur pada sudut kiri atas photo layar penuh.



Terus akan muncul menu opsi nya, pilih "Bagikan atau sematkan gambar, ikuti dan klik semua yang di tunjuk oleh panah pada gambar di bawah ini selanjutnya.




Sudah ketemu kan Embed atau kode script nya untuk kita copy dan kemudian paste kan ke laman blog.

Kemudian bagaimana pula cara menampilkan kode script photo street view dari pengguna individu? Kebanyak pada laman Google Maps embed tersebut tidak ada menu nya. Nah untuk itu kita harus membuka sebuah situs Street View Embeding Tool dengan url; http://suddenlink.net/popenoe/tools/embedding-tool.htm . Buka saja url tersebut, nanti akan muncul berandanya yang terbagi dua yaitu sebelah kiri laman peta Google Maps dan sebelah kanannya photo street view beserta embed nya. Sayang sedikit disini tidak ada pilihan ukuran gambar yang akan kita ambil embednya.



Sudah terbuka laman Street View Embeding Tool nya seperti di atas, sekarang seret peta dengan kursor (mouse pointer) menuju wilayah yang kita cari. Kemudian jika sudah ketemu wilayah tujuan klik Ikon Street view yang kita tunjukkan pada gambar diatas, nanti akan muncul titik biru pada peta sebagai penanda keberadaan photo street view dari pengguna individu dan bentangan biru sebagai penanda photo street view yang dari tim Google Maps.



Lalu jika sudah menemukan photo street view yang kita tuju, seret dan letakkan ikon street view pada titik birunya. Dan tampil lah Photo street view beserta embed atau kode script nya di sebelah kanan. Nah sekarang kita tinggal mencopy dan mempastekan nantinya kode tersebut pada laman blog kita.

Jangan lewat kan post Cara Mengubah Photo Street View jadi Photo Gif.

Cukup lah sampai disini kita menjelaskannya dan disini kita akhiri postingan ini, semoga bermanfa'at. Terima kasih atas perhatian dan mohon ma'af atas kekurangan.

Wassalam.


SILAHKAN BERBAGI:





Tag : CARA, Google Map
2 Komentar untuk "Cara Menyisipkan Photo Google Street View Ke Laman Blog"

salam dari nakan mak...tarimo kasih sarannyo mak, lai manjurnyo..sering-sering ajolah tunjuki nakan mamak ko..

Haa ttg apo tuh nakan.....? mamak siap sajo semampu mamak manunjuak an nyeh..... hhh

Pesan Admin tentang tanggung jawab konten:
=================================
Biasakan membaca Persyaratan layanan, Kebijakan Privacy dan Disclaimer yang kami sediakan link nya di atas JUDUL blog ini bagi pengguna desktop sebelum menggunakan Konten yang ada didalam blog ini baik itu kode script/widget atau pun tips2 dan tutorial lainnya.

Tentang Komentar:
Demi perkembangan, Silah kan ditinggalkan komentar, baik itu bentuk kritik atau saran yang berhubungan dengan isi postingan.
Setiap komentar yang sesuai* akan di terbit kan segera.

Tidak dibenarkan meninggalkan link hidup didalam kolam komentar dalam bentuk apapun, karena yang demikian akan di anggap sebagai SPAM.

*) Selalu memakai bahasa yang sopan dan tidak melanggar etika.
Berkomentarlah yang berkaitan dengan tema postingan.
Tidak dibenarkan beriklan.

Back To Top