Cara Menampilkan Photo Sphere Auto Play Di Blog - CARO AWAK SURANG

Cara Menampilkan Photo Sphere Auto Play Di Blog

Salam sobat Blogger dimanapun sobat berada dan semoga tetap berbahagia. Disini kita ketemu lagi dengan siapa saja yaang tersesat ke blog Caro Awak ini lantaran mencari-cari cara menampilkan photo street view tanpa menarik kursor atau mouse pointer di blog atau website. Nah disini sobat pembaca mudah-mudahan menemukan yang sobat cari. Sebab di sini kita akan mengupas tuntas cara bikin tampilan photo sphere atau photo 360 derajat berputar sendiri (auto play)



Bagaimana pula itu gambar panorama auto play?. Sobat pasti pernah melihat tampilan photo panorama atau photo sphere yang menampilkan sudut pandang 360 derajat memutar sendiri tanpa perlu lagi yang mengaksesnya menarik mouse pointer atau kursor yang bisa kita jumpai di laman Street View Google Maps atau pun photo sphere yang ada di Google Plus.

Kalau Cara Menyisipkan Photo Google Street View Ke Laman Blog yang pernah kita bicarakan tempo hari, itu hasil nya tetap saja seperti kita mengaksesnya di laman Google Maps yang artinya kita perlu menarik mouse pointer untuk memutarnya.

Langsung saja kita ke pokok pembicaraan ya, untuk membuat auto play photo sphere, pertama yang harus kita sediakan ialah photo dasar atau photo baku 360 derajat yang mencakup seluruh pandangan. Untuk contoh nya bisa sobat lihat dibawah ini.



Untuk membuat photo dasar seperti itu buka Cara Membuat Photo Sphere 360 Derajat Dengan Kamera Digital. Atau di cari-cari saja di internet photo dasarnya.

Lanjut, jika photonya sudah tersedia, sekarang kita masuk dan sekalian mendaftarkan akun di situs http://www.dermandar.com/. Jika sudah mendaftar dengan Sign Up, dan Log in, sekarang lihat dan klik tmbol Share pada menu horisontal laman demandar tersebut lihat gambar.



Sudah diklik tombol nya, maka akan terbuka laman barunya yang meminta kita untuk mendrag photo sphere yang sudah kita sediakan photo bakunya. Ingat photo bakunya harus berskala persegi panjang dengan perbadingan ( 2;1 ) 2 panjang dan 1 lebar. Kalau meleset sedikit saja perbandingan nya photonya tidak akan bisa jalan.Ukuran photonya tidak usah terlalu besar, 2000 X 1000 pixel saja cukup agar tidak terlalu berat meloadnya.

Kemudian klik saja kotak segi empat yang ada kata Drag and drop your panorama here dan pilih photo yang sudah kita sediakan tadi, maka akan muncul pertanyaan dan pilih saja Yes.



Sekarang pratinjau atau preview photonya sudah muncul pada situs Dermandar lalu kita klik Option yang ada di sudut kanan atas.



Jika sudah diklik Option, Maka munculkotak opsi nya dan lajut saja tekan atau klik Upload.



Setelah itu kita akan mendapatkan kotak isian untuk mengedit nama dan keterangan photo serta menambahkan lokasi (Geo Tag) nya. Kemudian jangan dicentang kotak yang ada disana agar photo sphere tersebut bis di lihat publik. Lihat gambar.



Jika kita menambahkan Tag lokasi photo klik tombol Panorama Lokasinya. Pada kotak lokasi yang menampilkan peta Google Maps centang kotak yang ada di atas petanya. Lalu seret dan pindah kan penanda pada lokasi yang kita maksud.
Lanjut lagi klik Update di pojok kanan bawahnya, maka akan keluar lagi kotak konfirmasi dan klok tombol Confirmation.



Sekarang photo tersebut sedang di upload untuk di simpan ke galeri kita di situs tersebut. Tapi setelah selesai upload nya akan tampil lagi kotak yang mana pada kotak tersebut kliklink here yang pertama agar muncul embed atau kode script nya yang akan kita copy dan kemudian pastekan ke laman blog kita.


Nah pada laman baru yang muncul ini atur saja menurut selera kita misal nya mau bentuk apa tampilan nya di blog kita dan bisa kita lihat preview nya di bawah, misalnya kita mau menanam dengan java script atau iframe dan sebagainya.

 Tapi perlu di ingat, gambar yang akan ditampilkan didalam blog adalah merupakan bentuk file yang berbasis flash. Jadi untuk blog yang memakai iklan AdSense sangat penulis sarankan untuk tidak menggunakan skript ini.

Nah cukup sampai di sini kita tunjukkan caranya menampilkan photo sphere auto play di blog. Terima kasih atas perhatian dan mohon ma'af atas kekurangan.

Wassalam.

SILAHKAN BERBAGI:





Tag : Photography
0 Komentar untuk "Cara Menampilkan Photo Sphere Auto Play Di Blog"

Pesan Admin tentang tanggung jawab konten:
=================================
Biasakan membaca Persyaratan layanan, Kebijakan Privacy dan Disclaimer yang kami sediakan link nya di atas JUDUL blog ini bagi pengguna desktop sebelum menggunakan Konten yang ada didalam blog ini baik itu kode script/widget atau pun tips2 dan tutorial lainnya.

Tentang Komentar:
Demi perkembangan, Silah kan ditinggalkan komentar, baik itu bentuk kritik atau saran yang berhubungan dengan isi postingan.
Setiap komentar yang sesuai* akan di terbit kan segera.

Tidak dibenarkan meninggalkan link hidup didalam kolam komentar dalam bentuk apapun, karena yang demikian akan di anggap sebagai SPAM.

*) Selalu memakai bahasa yang sopan dan tidak melanggar etika.
Berkomentarlah yang berkaitan dengan tema postingan.
Tidak dibenarkan beriklan.

Back To Top