Cara Membuat Teka Teki Silang Online - CARO AWAK SURANG

Cara Membuat Teka Teki Silang Online


Salam manis tak kan habis salam salam hangat tak kan tamat, hehe jumpa lagi kita di sini ya sobat blog reader.. Untuk sobat pembaca yang nyasar kesini ulah browse dan cari-cari Cara Membuat Teka Teki Silang Online untuk di sematkan di blog atau website lainya, baik lah disini kita alaan menjelas kan sedetail mungkin.

Kalau dahulu teka teki silang itu dibuat dalam bentuk buku dari kertas HVS atau kertas buram, namun baru-baru ini cara yang demikian mah sudah dianggap jadul dan sudah jarang dipakai karena seiring perkembangan tekhnologi yang semakin canggih. Apalagi sekarang sudah masuk pada era komputerisasi dan perangkat lunak (software). Jadi kalau ada yang lebih praktis untuk membuat atau mengisi TTS buat apa pakai buku yang nantinya jadi sampah.

Untuk itu mari kita terangkan cara membuat TTS dengan aplikasi software di komputer atau leptop dibawah ini yang tentunya kita sediakan dulu peralatan nya yaitu komputer/leptop dan aplikasi untuk membuat TTS online tersebut.

Apa aplikasi pembuat TTS dan dimana didownload?
Nah kalau nama aplikasinya ialah Eclipse Crossword yang bisa pembaca download di http://www.eclipsecrossword.com/download.aspx dan silahkan di buka url tersebut pada tab baru, nanti akan terbuka laman nya seperti di bawah ini.




Lanjut untuk mendownload aplikasinya dan menginstallnya pada komputer atau leptop yang pembaca pakai dengan mengklik download seperti gambar diatas. Terus install sekalian seperti petunjuk di laman tersebut. Atau setelah selesai download nya buka folder Download di komputer atau pc sobat pembaca.



Setelah ketemu file nya seperti gambar diatas klik saja file tersebut nanti akan muncul pop up nya, ikuti gambar dibawah ini.

 Pada jendela pop up klik Run.
Kemudian lanjut tekan atau klik "Next>>" begitu juga pada pop up berikut ini cetang "I Agree".
Terus, selaanjut nya tinggal klik Next > Next >..... hingga muncul progress nya.
Dan jika sudah selesai kembali klik "Next >>"

Hingga yang terakhir tekan "Close".

Nah sekarang kita cari aplikasi tersebut untuk kita buka dan membuat TTS nya. Pertama buka START Window seperti biasa pada komputer/leptop.




>> Cari aplikasi Eclipse Crossword pada All program.

Seperti gambar diatas tampilannya yang cukup simpel, lalu klik Next > dan klik lagi Next pada Step 1 nya hingga terbuka Step 2 nya. Nah pada Step 2 itu lah kita mulai mengisikan Jawban dan Soal TTS tersebut. Disitu ada 2 buah kotak kosong, atas dan bawah. Pada kotak atas ketik Jawaban dan pada ko
tak bawahnya ketik soal TTS nya seperti gambar di bawah ini.


Tulis soal atau pertanyaan lalu tulis jawaban dan klik "Add Word to list", hingga jawaban nya muncul dalam kotak disamping kiri.






Jika jawaban dan soal sudah dirasa cukup untuk sebuah TTS, lalu lanjut klik "Next".

Pada pop up yang muncul kik saja "NO" dan hingga muncul jendela baru lagi.



Ketik nama TTS yang kita suka, dan masukkan nama kita yang membuat TTS itu. Lalu klik lagi "Next".


Lanjut klik "Next" lagi,
Tunggu proses hingga muncul jendela berikutnya yaitu laman pratinjau.
Di laman pratinjau ini, jika ada kata jawaban yang tidak masuk, berarti jumlah kotak tinggi atau kotak lebar nya tidak mencukup, nah klik lagi "Back" untuk memperbaiki dan ulang lagi prosesnya hingga semua kata jawaban masuk semua.

Setelah itu baru klik "Next" lagi untuk lanjut.
Pada kaman ini pilih "Save as a web page", hingga lanjut lagi.
Pada laman ini pilih dan klik tautan Interactive with java script,
Pilih disini Folder tempat menyimpan yang gampang kita temukan dan kasih nama untuk lebih mudah mengenalinya.

Nah sekarang keluar dari aplikasi dan buka file tadi hingga muncul laman nya dalam bentuk browser Mozila atau Chrom dan sebagainya. Jika pada komputer penulis tampilan nya seperti gambar ini.
Nah coba klik tautan soal nya agar soal nya tampil. dan jika orang yang mengaksesnya nanti mereka bisa menklik "Solve" untuk mengetahui jawaban nya. Tetapi nantinya kita bisa mengunci nya denga sdikit mengedit HTML nya.

Nah lanjut lagi sekarang bagaimana cara menyimpan file TTS Eclipse Crossword ke blog atau website?. Pada laman TTS di browser nya, klik kanan pada browser tersebut. Pilih "Lihat kode sumber laman", maka tampil lah HTML laman TTS tersebut pada tab baru di browser kita.

Copy kode HTML ini dan pastekan pada laman blog sobat pembaca. 

Untuk cara mengunci jawaban TTS Eclipse Crossword tadi, pada laman HTML ini cari "SOLVE" dengan Ctrl F. Seperti gambar dibawah ini.
Sebelum Solve tersebut ada tulisan "onclick". Nah ganti dengan offclick. agar jawabanya terkunci alias Solve nya tidak bisa di klik.

Rasanya cukup sampai disini kita terangkan dengan serincinya Cara Membuat Teka Teki Silang Online untuk di sematkan pada blog. Semoga mudah memahaminya serta terima kasih atas perhatian dan mohon ma'af atas kekurangan.

Wassalam.

SILAHKAN BERBAGI:





Tag : CARA
1 Komentar untuk "Cara Membuat Teka Teki Silang Online"

Pesan Admin tentang tanggung jawab konten:
=================================
Biasakan membaca Persyaratan layanan, Kebijakan Privacy dan Disclaimer yang kami sediakan link nya di atas JUDUL blog ini bagi pengguna desktop sebelum menggunakan Konten yang ada didalam blog ini baik itu kode script/widget atau pun tips2 dan tutorial lainnya.

Tentang Komentar:
Demi perkembangan, Silah kan ditinggalkan komentar, baik itu bentuk kritik atau saran yang berhubungan dengan isi postingan.
Setiap komentar yang sesuai* akan di terbit kan segera.

Tidak dibenarkan meninggalkan link hidup didalam kolam komentar dalam bentuk apapun, karena yang demikian akan di anggap sebagai SPAM.

*) Selalu memakai bahasa yang sopan dan tidak melanggar etika.
Berkomentarlah yang berkaitan dengan tema postingan.
Tidak dibenarkan beriklan.

Back To Top