Cara Mengaktifkan Fitur Keamanan Akun Di Facebook - CARO AWAK SURANG

Cara Mengaktifkan Fitur Keamanan Akun Di Facebook


Salam, untuk para pembaca dimana pun berada. Beberapa bulan yang lalu para facebooker sempat dihebohkan oleh suatu aplikasi pembobol akun di facebook melalui video-video yang bersifat konten dewa5a yang mana video-video yang tidak jelas asal usul dan keberadaan situs yang mengedarkannya tersebut di share oleh seseorang ke facebook kemudian akan memancing setiap pengguna facebook untuk mengklik tautan video tersebut.

Bagi sebagian pengguna facebook kadang lupa dan tidak tahu akan ancama akun facebook nya, sehingga tertarik dan tergoda untuk mengklik tautan video tersebut untuk ditonton. Lalu setelah link video yang di share itu di klik apa yang terjadi? Tanpa kita sadari kita masuk pada suatu aplikasi dan terjebak bersama akun facebook kita yang sedang aktif. Dengan demikian secara otomatis aplikasi atau browser yang sedang kita gunakan sudah menginstall suatu perangkat lunak berbahaya yang akan bekerja sendiri untuk mengirim atau membagikan tautan video itu kepada teman facebook kita yang lain mengatasnamakan akun facebook kita.

Kemudian perangkat atau aplikasi tersebut akan menandai beberapa teman facebook kita kedalam kiriman tersebut dan membagi-bagikan ke grup atau halaman yang terkait dengan akun kita.

Kalau sudah terlanjur demikian memang agak rumit untuk menyelesaikan nya dan berdampak buruk sekali pada nama baik facebook kita di mata teman-teman yang melihat facebook kita membagikan video yang tidak senonoh. Jadi malu kan.?

Namun yang kita bahas dibawah ini ialah bagai mana agar akun facebook kita aman dan tidak terjangkit oleh kejadian diatas walaupun beberapa kasus seperti itu sudah berhasill di atasi oleh tim keamanan facebook. Seperti biasa nya akun yang terkena dampak dari semua ini ialah munculnya link atau tautan video yang mengarah ke situs yang berbahaya pada dinding facebook kita ulah perbuatan yang tidak sengaja seperti di atas. Jadi dengan sendirinya akun yang terkena jadi berantai dan saling menyambung kepada pengguna lain yang terkait. Supaya kasus-kasus di atas dan agar link video yang berbahaya tidak muncul pada wall facebook kita maka ada baik nya kita mengaktifkan fitur keamanan pada facebook untuk mengantisipasi nya.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur Keamanan Akun Di Facebook?.
Ada dua langkah yang cukup ampuh untuk menjaga keamanan akun facebook kita yaitumenyetel pengaturan pada kronologi dan penandaan. Buka dulu akun facebook lalu pada beranda facebook pada komputer atau leptop. Pada menu bar di beranda facebook ada sebuah tombol segitiga yang letaknya paling ujung sebelah kanan dan klik tombol tersebut. Lihat contoh pada gambar:

Pada menu dropdown yang terbuka pilih dan klik Pngaturan hingga terbuka halaman baru seperti di bawah ini.


Klik Kronologi dan Penandaan yang ditandai kotak merah pada gambar diatas dan maka muncul lagi halaman berikutnya yang memungkin kan kita menyetel pengaturan itu.

      
Ikuti saja pengaturannya menjadi seperti pada gambar  di atas ini dengan terlebih dulu menekan tombol "Sunting".
Lebih jelasnya:
            Siapa yang dapat menambahkan hal hal ke kronologi saya? Sunting dan pilih Hanya Saya.
            Tinjau kiriman yang menandai Anda sebelum muncul di kronologi Anda? Sunting dan pillih Menyala
            Bagaimana cara mengelola tanda yang ditambahkan orang dan saran tanda?
            Tinjau tanda yang ditambahkan orang ke kiriman Anda sebelum tanda itu muncul di Facebook?
              Sunting dan pilih Menyala.
             Jika Anda ditandai dalam kiriman, siapa yang ingin Anda tambahkan sebagai pemirsa jika mereka  belum menjadi bagian dari pemirsa? Sunting dan pilih Hanya Saya 
 Siapa yang melihat saran tanda jika foto yang mirip Anda diunggah? Sunting dan pilih Menyala
Begitu lah menyetel untuk mengaktifkan fitur keamanan demi menjaga akun facebemuook dari hal-hal yang tidak kita inginkan. 
Untuk tambahan, Jika ada pengguna laian atau teman yang menyisipkan tautan video yang tidak pantas tersebut melalui komentar, lebih baik di blokir saja pengguna facebook tersebut untuk sementara walaupun teman sendiri. Namun kita tetap memahami, kadang si pengirim tersebut tidak pernah melakukannya. Nah itu lah yang telah kita sebut diatas, perangkat lunak itulah yang bertingkah.

Terakhir jangan lupa juga mengatur setelan keamanan akun pada pengaturan tersebut agar akun facebook kita tidak gampang di bajak oleh pengguna lain. Caranya pada halaman Pengaturan Umum Akun, klik pada tombol yang nomor 2 dengan nama Keamanan, Tetapi sebelumnya cantum kan nomor ponsel yang akan kita kait kan dengan akun Facebook kita pada pengaturan Profil facebook kita. Dan aktifkan nomor ponsel tersebut di HP, (karena nanti Facebook akan mengirim kode konfirmasi ke nomor ponsel kita itu***).

Cara Mengaktifkan Fitur Keamanan Akun Di Facebook


Pilih dan klik Sunting pada Peringatan Masuk. maka akan terbuka halaman jendela barunya seperti dibawah ini:

Cara Mengaktifkan Fitur Keamanan Akun Di Facebook
Kemudian klik Sunting pada Persetujuan Masuk Ke Facebook atau baris yang kedua. Maka akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Fitur Keamanan Akun Di Facebook

Centang kotak pada jendela tersebut seperti gambar di atas dan klik tombol Simpan Perubahan. Nah dengan mengklik Simpan Perubahan tersebut, nanti akan muncul lagi jendela pop up yang meminta kita, agar memasukkan kode yang terdiri dari 6 angka yang telah dikirim melalui SMS ke ponsel kita(***). dan klik Selesai. Dengan demikian berarti akun kita sudah terlindungi secara berlapis dan tidak akan bisa di bajak oleh pengguna lain.

Dan cukup sampai disini pula kita membicarakan Cara Mengaktifkan Fitur Keamanan Akun Di Facebook semoga pembaca dapat memahami dan bermanf'at. Terima kasih atas perhatian dan mohon ma'af atas kekrangan.

Wassalam.

SILAHKAN BERBAGI:





Tag : Trik FB
0 Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Fitur Keamanan Akun Di Facebook"

Pesan Admin tentang tanggung jawab konten:
=================================
Biasakan membaca Persyaratan layanan, Kebijakan Privacy dan Disclaimer yang kami sediakan link nya di atas JUDUL blog ini bagi pengguna desktop sebelum menggunakan Konten yang ada didalam blog ini baik itu kode script/widget atau pun tips2 dan tutorial lainnya.

Tentang Komentar:
Demi perkembangan, Silah kan ditinggalkan komentar, baik itu bentuk kritik atau saran yang berhubungan dengan isi postingan.
Setiap komentar yang sesuai* akan di terbit kan segera.

Tidak dibenarkan meninggalkan link hidup didalam kolam komentar dalam bentuk apapun, karena yang demikian akan di anggap sebagai SPAM.

*) Selalu memakai bahasa yang sopan dan tidak melanggar etika.
Berkomentarlah yang berkaitan dengan tema postingan.
Tidak dibenarkan beriklan.

Back To Top